Konsep (RISC & CISC) Dan Mikroprosesor, Arsitektur Komputer, Desain CPU

Tinggalkan komentar

10 Juni 2014 oleh Rizky Zakaria

RISC (Reduce Instruction Set Computer), Rancangan ini berawal dari pertimbangan – pertimbangan dan analisa model perancangan lain yang kompleks, sehingga harus ada pengurangan set instruksinya karena Reduce merupakan “pengurangan set pada instruksinya”. Jadi RISC merupakan arsitektur komputer yang berfilosofi bahwa prosesor dibuat dengan arsitektur yang tidak rumit dengan membatasi jumlah instruksi hanya pada instruksi dasar yang diperlukan saja. RISC memiliki beberapa karakteristik dalam instruksinya, seperti:

  • Siklus Instruksi, RISC adalah rancangan processor yang sederhana namun dalam kesederhanaan tersebut didapatkan kecepatan operasi disetiap siklus instruksinya. Siklus instruksi hanya memiliki satu instruksi untuk per siklus mesin, siklus mesin ditentukan oleh waktu yang digunakan untuk mengambil dua buah operand dari register, melakukan operasi ALU, dan menyimpan hasil operasinya kedalam register.
  • Format Instruksi, umumnya hanya digunakan sebuah format untuk menyederhanakan implementasi sebuah hardware. Format yang sederhana juga memudahakan kerja unit sebuah kontrol dikomputer.

RISC memiliki kelebihan yaitu : Dengan menggunakan instruksi yang sederhana memungkinkan untuk : memindahkan fungsi – fungsi dari proses loop. Dengan menggunakan hardware yang sederhana tidak akan memakan tempat serta konsumsi daya listrik yang lebih ekonomis.

CISC (Complex Instruction Set Computing), Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang kompleks. Instruksi-instruksi yang tersedia bertujuan untuk memudahkan para programmer untuk mengembangkan aplikasi untuk platform berbasis CISC. CISC memang memiliki instruksi yang complex dan memang dirasa berpengaruh pada kinerjanya yang lebih lambat. CISC menawarkan set intruksi yang powerful, kuat, tangguh, maka tak heran jika CISC memang hanya mengenal Bahasa Asembly yang sebenarnya ia tujukan bagi para Programmer. Tujuan utama dari arsitektur CISC adalah melaksanakan suatu perintah cukup dengan beberapa baris bahasa mesin sedikit mungkin. Hal ini bisa tercapai dengan cara membuat perangkat keras prosesor mampu memahami dan menjalankan beberapa rangkaian operasi. Untuk tujuan contoh kita kali ini, sebuah prosesor CISC sudah dilengkapi dengan sebuah instruksi khusus, yang kita beri nama MULT. Saat dijalankan, instruksi akan membaca dua nilai dan menyimpannya ke 2 register yag berbeda, melakukan perkalian operan di unit eksekusi dan kemudian mengambalikan lagi hasilnya ke register yang benar,  jadi instruksi-nya cukup satu saja.

-source : http://adefitra.wordpress.com/2010/08/02/pengertian-cisc-dan-risc/

MIKRO PROSESOR disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit). yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Mengatur kerja sistem berdasarkan urutan program yang telah ditetapkan. Ia mengatur keluar masuknya data dari/ke antar bagian dalam sistem. Ia juga mengatur aktivitas keluar/masuk data dari/ke perangat diluar sistem. Salah satu mikroprosesor yang sering dipakai ialah INTEL DAN AMD, untuk intel banyak pilihanya : Intel Atom, Intel Pentium, Intel Core i (series). Untuk AMD ada : AMD Athlon.

Fungsi utama Mikroprosesor adalah sebagai unit yang mengendalikan seluruh kerja sistem mikroprosesor. Beberapa fungsi lain dari mikroprosesor, antara lain :

  1. Mengambil instruksi dan data dari memori.
  2. Memindah data dari dan ke memori.
  3. Mengirim sinyal kendali dan melayani sinyal interupsi.
  4. Menyediakan pewaktuan untuk siklus kerja sistem mikroprosesor.
  5. Mengerjakan fungsi – fungsi operasi logika dan aritmetika.

– source : http://blog.ub.ac.id/usfita/2011/02/25/mikroprosesor-bus-ram-dan-rom/

ARSITEKTUR KOMPUTER adalah sebuah rancangan sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya. “Arsitektur Komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram.

DESAIN CPU, CPU (Central Processing Unit), merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai pusat untuk memproses segala sesuatu yang akan dilakukan oleh komputer. Processor hanya dapat mengenali instruksi dengan notasi bilangan Biner (ex.01010001010). Merupakan notasi untuk perangkat elektronik dimana bilangan NOL (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik, dan bilangan SATU (1) menandakan adanya sinyal listrik. Tentunya urutan proses tersebut tidak dapat dibayangkan hanya sekejap mata saja, karena kecepatan processor yang dapat mencapai 3,2 GHz (3200 Juta getaran perdetik), jadi prosesnya sangat cepat hanya sepersekian mili detik saja.Unit Processor berfungsi sebagai “otak” dan “Badan” dari sistem komputer yang bertugas memproses instruksi program, menghubungkan serta mengatur lalu lintas data pada seluruh sistem.
Komponen penyusun unit processor terdiri atas:
1. Processor
2. Motherboard
3. Memory
4. Power Supply
5. Casing

– source : http://heriwahyudy493.blogspot.com/2009/10/tugas-arkom-part2-desain-prosesor.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

My Profile

Tanggal/Bulan/Tahun

Juni 2014
S S R K J S M
« Mei    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

7zip (Alternatif Selain WinRAR)

RSS detiksepakbola

RSS File Hippo

  • GeoGebra 6.0.417.0 16 Januari 2018
    GeoGebra is a free dynamic mathematics software tool for all levels of advanced education. The application combines geometry, algebra, spreadsheets, graphing, statistics and calculus and bundles them into one easy-to-use package. Users can use G...
  • dbForge Studio for MySQL 7.3.137 15 Januari 2018
    dbForge Studio for MySQL is the universal MySQL and MariaDB front-end client for database management, administration and development. It provides utilities to compare, synchronize, and backup MySQL databases with scheduling, and gives possibility t...
  • NTLite Free 1.5.0.5930 15 Januari 2018
    NTLite Free is an app for Windows administrators that allows you to edit Windows installation images, either 'offline' or 'live'. The 'live' edit mode is a unique feature that lets you modify already installed Windows OS' without re-installation. Al...
  • MKVToolNix 20.0.0 15 Januari 2018
    MKVToolNix is a set of tools that include mkvmerge, mkvinfo, mkvextract, mkvpropedit and mmg, which allow you to to create, manipulate and inspect Matroska (.MKV) files in several ways. With MKVToolNix you can create, split, edit, mux, demux, mer...
  • Total Excel Converter 5.1.0.245 15 Januari 2018
    If you work with Excel, then an app like Total Excel Converter is a really useful tool to have in your kit. Total Excel Converter is able to convert nearly any type* of table into any almost any type** of format you need. Key Features includ...

RSS detikInet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikOto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: