Game Tictactoe Menggunakan Strawberry Prolog

3

18 Juni 2013 oleh Rizky Zakaria

Game tictactoe ini dibuat menggunakan game pemograman Strawberry Prolog, untuk membuatnya kita harus memasukkan listing game tersebut dan membuild game tersebut. Berikut Listing Game Tictactoenya:

%Game TicHartLane (TicTacToe4x4) ini dirancang ulang oleh Rizky Zakaria.

%3IA05 – Universitas Gunadarma

?-

%===Window Utama===

   set(pos([[f,f,f,f], [f,f,f,f], [f,f,f,f], [f,f,f,f]])),

   set(lose_flag(false)),

   brush(system_color(window)),

   window( _, _, win_func(_), “TicHartLane(4×4)”, 300, 150, 308, 368).

%===Gambar Background===

win_func(paint):-

brush(“TicHartLane//raisa.bmp”),

rect(29,29,269,269),

fail.

%===Tampilan Menu Utama===

win_func(init) :-

menu(pop_up, _, _,menu_game(_), “&Game”),

menu(normal, _, _, menu_htp(_), “&Cara Bermain”),

menu(right,_,_,menu_about(_),”a&bout”),

window_brush(_, rgb(90, 90, 90)).

menu_game(init):-

menu(normal, _, _, menu_baru(_), “&Mulai”),

menu(normal, _, _, menu_keluar(_), “&Keluar”).

%===Perintah menu Mulai===

menu_baru(press):-

set(pos([[f,f,f,f], [f,f,f,f], [f,f,f,f], [f,f,f,f]])),

update_window(_).

%===Perintah menu Keluar===

menu_keluar(press):-

close_window(_).

%===Perintah menu about===

menu_about(press) :-

message(“About This Game”,”

TicHartLane (TicTacToe(4×4)) dirancang ulang oleh:

Rizky Zakaria

3IA05

Universitas Gunadarma

-Game ini hanya untuk eksperimen-“, i).

%===Perintah menu Cara Bermain===

menu_htp(press):-

message(“Caranya”,”Cara Bermain:

1. Anda sebagai user (x) harus mengalahkan ai (o),

   dengan cara atur (x) secara horizontal/vertikal/

   diagonal.

2. Anda akan menang bila (x) lebih banyak yaitu 4 (x)

   dari (o) sesuai dengan arah horizontal/vertikal

   /diagonal.”, i).

Kemudian kita buat tampilan game tictactoenya:

GambarSetelah itu kita mainkan game tersebut untuk menentukan menang, kalah dan serinya.

Cara bermain TicHartLane ini sama saja dengan permainan tictactoe yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. User pertama kali meletakkan (X) di kolom/baris yang dimanapun yang tersedia.
  2. Kemudian selanjutnya AI meletakkan (O) di kolom/baris dimanapun yang tersedia.
  3. Dari user dan AI sama-sama menghadang langkah alat bantunya agar kalah.
  4. User maupun AI harus mengikuti langkah-langkah peletakan (X) / (O) sesuai 1  garis horizontal/vertikal maupun diagonal.

Goal menang dan kalah untuk menyelesaikan permainan TicHartLane adalah:

  1. Kondisi menang: Jika (X)/(O) memenuhi 1garis penuh (horizontal/vertikal maupun diagonal) maka dianggap menang dan AI kalah.
  2. Kondisi kalah: Jika pemain (User) tidak dapat memenuhi (X) 1garis penuh maka dianggap kalah dan AI menang.

Untuk kondisi menang berikut gambarnya:

Gambar

Dan ada kondisi seri juga, berikut gambar dengan kondisi seri:

Gambar

Dan berikut kondisi gambar kalahnya:
Gambar

Game tictactoe ini menggunakan konsep AI dalam permainan ini adalah algoritma minimax yaitu menggunakan strategi – strategi didalam permainan yang mungkin dilakukan oleh komputer agar dapat mengalahkan kemampuan bermain user. Selain algoritma minimax yang dipakai, ada algoritma greedy adalah algortima yang mudah diimplementasikan untuk memecahkan persoalan-persoalan yang membutuhkan suatu optimasi, optimasi disini adalah bagaimana kita mengatur langkah-langkah yang tepat agar sesuai dengan yang kita harapkan.

 

 

3 thoughts on “Game Tictactoe Menggunakan Strawberry Prolog

  1. jerino mengatakan:

    ka boleh minta source codenya? makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

My Profile

Tanggal/Bulan/Tahun

Juni 2013
S S R K J S M
« Jan   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

7zip (Alternatif Selain WinRAR)

RSS detiksepakbola

RSS File Hippo

  • Spotify 1.0.44.100 9 Desember 2016
    With Spotify, it’s easy to find the right music for every moment – on your phone, your computer, your tablet and more. There are millions of tracks on Spotify. So whether you’re working out, partying or relaxing, the right music is always at your fi...
  • StressMyPC 2.91 9 Desember 2016
    If you need to test your computer's performance to ensure it is running at optimal capacity, then it is a good idea to run a stress test and analyze the results. StressMyPC is a small, lightweight and useful tool for the job. It actually does not req...
  • Calibre 2.74.0 64-bit 9 Desember 2016
    Calibre is a complete e-book library manager that lets you totally organize your collection. With Calibre you can convert your books to multiple formats, and then sync with all of your devices. KEY FEATURES INCLUDE: Library management. Calibre ...
  • Calibre 2.74.0 32-bit 9 Desember 2016
    Calibre is a complete e-book library manager that lets you totally organize your collection. With Calibre you can convert your books to multiple formats, and then sync with all of your devices. KEY FEATURES INCLUDE: Library management. Calibre...
  • LastPass: Free Password Manager 4.1.34 9 Desember 2016
    LastPass is an award-winning password manager that can save your passwords and provide you with secure access from every computer and mobile device you have. With LastPass you need only remember one password - your LastPass master password. With t...

RSS detikInet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikOto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: