Desain Pemodelan Grafik

2

28 September 2012 oleh Rizky Zakaria

Dijabarkan desain pemodelan grafik adalah suatu desain (suatu pola yang menghasilkan sesuatu) yang sudah jadi dengan diproses melalui pemodelan (proses membentuk sketsa di suatu objek yang akan dibuat) dan ditambahkan dengan grafik ( cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan).

Dipersingkat saja desain pemodelan grafik merupakan suatu pola yang menghasilkan suatu objek baru dengan bantuan perangkat lunak khusus untuk grafik dengan tahapan membuat>memotong>memanipulasi>menyimpan dan tahapan yang dipakai pada pemodelan grafik sehingga terbentuklah objek.

Biasanya kegiatan yang berhubungan dengan Desain Pemodelan Grafik adalah membuat animasi, membuat logotype, membuat iklan, dan pemodelan geometris.

Perangkat lunak yang sering dipakai biasanya CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Kebanyakan perangkat lunak itu dipakai oleh para desainer untuk membuat sebuat animasi bergerak atau membuat iklan yang bagus.

Contoh gambar yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik:

Gambar diatas bisa dikatakan menggunakan teknik pemodelan perancangan 3D. Saya akan sedikit singgung tentang model 3D itu apa:

Ada jenis metode pemodelan obyek seperti dengan nurbs dan polygon. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter, setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol.

Selain teknologi 3D yang dipakai ada juga teknologi Vektor dan Bitmap:

Gambar dengan format vektor identik dengan garis dan kurva  yang akan menghasilkan suatu obyek atau gambar. Biasanya vektor dipakai untuk membuat suatu logo karena gambar vektor gabungan dari titik dan garis maka ia tidak akan pecah ketika diperkecil atau diperbesar. Software yang sering dipakai untuk membuat gambar berformat vektor: CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Sedangkan bitmap merupakan susunan pixel dimana setiap pixel berdiri sendiri dan memiliki warna sendiri untuk membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap bergantung pada resolusi dimana bila gambar diperbesar akan terlihat kotak-kotak kecil sehingga tidak terlihat halus gambar tersebut. Dikarenakan banyaknya bitmap dipakai untuk membuat suatu foto maka software yang tidak lazim lagi yaitu Adobe PhotoShop.

Begitulah gambaran sedikit tentang Desain Pemodelan Grafik yang teknologi modelnya bermacam-macam.

Sumber:

http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/

2 thoughts on “Desain Pemodelan Grafik

  1. Everything is very open with a very clear description of the issues.
    It was truly informative. Your website is useful. Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan ke Frank Gore Jersey Batalkan balasan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabung dengan 1 pelanggan lain

My Profile

Tanggal/Bulan/Tahun

September 2012
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

7zip (Alternatif Selain WinRAR)

RSS detiksepakbola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS File Hippo

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikInet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikOto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.