Desain Pemodelan Grafik

2

28 September 2012 oleh Rizky Zakaria

Dijabarkan desain pemodelan grafik adalah suatu desain (suatu pola yang menghasilkan sesuatu) yang sudah jadi dengan diproses melalui pemodelan (proses membentuk sketsa di suatu objek yang akan dibuat) dan ditambahkan dengan grafik ( cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan).

Dipersingkat saja desain pemodelan grafik merupakan suatu pola yang menghasilkan suatu objek baru dengan bantuan perangkat lunak khusus untuk grafik dengan tahapan membuat>memotong>memanipulasi>menyimpan dan tahapan yang dipakai pada pemodelan grafik sehingga terbentuklah objek.

Biasanya kegiatan yang berhubungan dengan Desain Pemodelan Grafik adalah membuat animasi, membuat logotype, membuat iklan, dan pemodelan geometris.

Perangkat lunak yang sering dipakai biasanya CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Kebanyakan perangkat lunak itu dipakai oleh para desainer untuk membuat sebuat animasi bergerak atau membuat iklan yang bagus.

Contoh gambar yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik:

Gambar diatas bisa dikatakan menggunakan teknik pemodelan perancangan 3D. Saya akan sedikit singgung tentang model 3D itu apa:

Ada jenis metode pemodelan obyek seperti dengan nurbs dan polygon. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter, setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol.

Selain teknologi 3D yang dipakai ada juga teknologi Vektor dan Bitmap:

Gambar dengan format vektor identik dengan garis dan kurva  yang akan menghasilkan suatu obyek atau gambar. Biasanya vektor dipakai untuk membuat suatu logo karena gambar vektor gabungan dari titik dan garis maka ia tidak akan pecah ketika diperkecil atau diperbesar. Software yang sering dipakai untuk membuat gambar berformat vektor: CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Sedangkan bitmap merupakan susunan pixel dimana setiap pixel berdiri sendiri dan memiliki warna sendiri untuk membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap bergantung pada resolusi dimana bila gambar diperbesar akan terlihat kotak-kotak kecil sehingga tidak terlihat halus gambar tersebut. Dikarenakan banyaknya bitmap dipakai untuk membuat suatu foto maka software yang tidak lazim lagi yaitu Adobe PhotoShop.

Begitulah gambaran sedikit tentang Desain Pemodelan Grafik yang teknologi modelnya bermacam-macam.

Sumber:

http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/

2 thoughts on “Desain Pemodelan Grafik

  1. Everything is very open with a very clear description of the issues.
    It was truly informative. Your website is useful. Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

My Profile

Tanggal/Bulan/Tahun

September 2012
S S R K J S M
« Jun   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

7zip (Alternatif Selain WinRAR)

RSS detiksepakbola

RSS File Hippo

  • GeoGebra 6.0.417.0 16 Januari 2018
    GeoGebra is a free dynamic mathematics software tool for all levels of advanced education. The application combines geometry, algebra, spreadsheets, graphing, statistics and calculus and bundles them into one easy-to-use package. Users can use G...
  • dbForge Studio for MySQL 7.3.137 15 Januari 2018
    dbForge Studio for MySQL is the universal MySQL and MariaDB front-end client for database management, administration and development. It provides utilities to compare, synchronize, and backup MySQL databases with scheduling, and gives possibility t...
  • NTLite Free 1.5.0.5930 15 Januari 2018
    NTLite Free is an app for Windows administrators that allows you to edit Windows installation images, either 'offline' or 'live'. The 'live' edit mode is a unique feature that lets you modify already installed Windows OS' without re-installation. Al...
  • MKVToolNix 20.0.0 15 Januari 2018
    MKVToolNix is a set of tools that include mkvmerge, mkvinfo, mkvextract, mkvpropedit and mmg, which allow you to to create, manipulate and inspect Matroska (.MKV) files in several ways. With MKVToolNix you can create, split, edit, mux, demux, mer...
  • Total Excel Converter 5.1.0.245 15 Januari 2018
    If you work with Excel, then an app like Total Excel Converter is a really useful tool to have in your kit. Total Excel Converter is able to convert nearly any type* of table into any almost any type** of format you need. Key Features includ...

RSS detikInet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikOto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: