Desain Pemodelan Grafik

2

28 September 2012 oleh Rizky Zakaria

Dijabarkan desain pemodelan grafik adalah suatu desain (suatu pola yang menghasilkan sesuatu) yang sudah jadi dengan diproses melalui pemodelan (proses membentuk sketsa di suatu objek yang akan dibuat) dan ditambahkan dengan grafik ( cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan).

Dipersingkat saja desain pemodelan grafik merupakan suatu pola yang menghasilkan suatu objek baru dengan bantuan perangkat lunak khusus untuk grafik dengan tahapan membuat>memotong>memanipulasi>menyimpan dan tahapan yang dipakai pada pemodelan grafik sehingga terbentuklah objek.

Biasanya kegiatan yang berhubungan dengan Desain Pemodelan Grafik adalah membuat animasi, membuat logotype, membuat iklan, dan pemodelan geometris.

Perangkat lunak yang sering dipakai biasanya CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Kebanyakan perangkat lunak itu dipakai oleh para desainer untuk membuat sebuat animasi bergerak atau membuat iklan yang bagus.

Contoh gambar yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik:

Gambar diatas bisa dikatakan menggunakan teknik pemodelan perancangan 3D. Saya akan sedikit singgung tentang model 3D itu apa:

Ada jenis metode pemodelan obyek seperti dengan nurbs dan polygon. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter, setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol.

Selain teknologi 3D yang dipakai ada juga teknologi Vektor dan Bitmap:

Gambar dengan format vektor identik dengan garis dan kurva  yang akan menghasilkan suatu obyek atau gambar. Biasanya vektor dipakai untuk membuat suatu logo karena gambar vektor gabungan dari titik dan garis maka ia tidak akan pecah ketika diperkecil atau diperbesar. Software yang sering dipakai untuk membuat gambar berformat vektor: CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Sedangkan bitmap merupakan susunan pixel dimana setiap pixel berdiri sendiri dan memiliki warna sendiri untuk membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap bergantung pada resolusi dimana bila gambar diperbesar akan terlihat kotak-kotak kecil sehingga tidak terlihat halus gambar tersebut. Dikarenakan banyaknya bitmap dipakai untuk membuat suatu foto maka software yang tidak lazim lagi yaitu Adobe PhotoShop.

Begitulah gambaran sedikit tentang Desain Pemodelan Grafik yang teknologi modelnya bermacam-macam.

Sumber:

http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/

2 thoughts on “Desain Pemodelan Grafik

  1. Everything is very open with a very clear description of the issues.
    It was truly informative. Your website is useful. Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

My Profile

Tanggal/Bulan/Tahun

September 2012
S S R K J S M
« Jun   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

7zip (Alternatif Selain WinRAR)

RSS detiksepakbola

RSS File Hippo

  • Firefox 60.0 Beta 15 24 April 2018
    Mozilla Firefox is a fast, light and tidy open source web browser. At its public launch in 2004 Mozilla Firefox was the first browser to challenge Microsoft Internet Explorer’s dominance. Since then, Mozilla Firefox has consistently featured in the t...
  • Origin 10.5.17.52805 24 April 2018
    Origin lets you purchase and play EA games - any time and any place you want. With the in-game overlay, you can browse the web while playing select games. Origin's social features allow you to create a profile, connect and chat with your friends, sh...
  • Ace Utilities 6.3.0 24 April 2018
    Ace Utilities is a collection of tools to optimize and speedup your system performance. It contains utilities to clean the system registry, temporary files on your disks, erase unwanted applications and clear your Internet browser history, cache, a...
  • Deep Freeze Standard 8.38 24 April 2018
    Deep Freeze, as the name suggests is software designed to 'freeze' your system so that no matter what changes occur, they aren't permanent and can be reversed at the click of a button. Deep Freeze is a good choice for a variety of PC problems....
  • GeoGebra 6.0.458.0 24 April 2018
    GeoGebra is a free dynamic mathematics software tool for all levels of advanced education. The application combines geometry, algebra, spreadsheets, graphing, statistics and calculus and bundles them into one easy-to-use package. Users can use G...

RSS detikInet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikOto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: