Desain Pemodelan Grafik

2

28 September 2012 oleh Rizky Zakaria

Dijabarkan desain pemodelan grafik adalah suatu desain (suatu pola yang menghasilkan sesuatu) yang sudah jadi dengan diproses melalui pemodelan (proses membentuk sketsa di suatu objek yang akan dibuat) dan ditambahkan dengan grafik ( cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan).

Dipersingkat saja desain pemodelan grafik merupakan suatu pola yang menghasilkan suatu objek baru dengan bantuan perangkat lunak khusus untuk grafik dengan tahapan membuat>memotong>memanipulasi>menyimpan dan tahapan yang dipakai pada pemodelan grafik sehingga terbentuklah objek.

Biasanya kegiatan yang berhubungan dengan Desain Pemodelan Grafik adalah membuat animasi, membuat logotype, membuat iklan, dan pemodelan geometris.

Perangkat lunak yang sering dipakai biasanya CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Kebanyakan perangkat lunak itu dipakai oleh para desainer untuk membuat sebuat animasi bergerak atau membuat iklan yang bagus.

Contoh gambar yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik:

Gambar diatas bisa dikatakan menggunakan teknik pemodelan perancangan 3D. Saya akan sedikit singgung tentang model 3D itu apa:

Ada jenis metode pemodelan obyek seperti dengan nurbs dan polygon. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter, setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol.

Selain teknologi 3D yang dipakai ada juga teknologi Vektor dan Bitmap:

Gambar dengan format vektor identik dengan garis dan kurva  yang akan menghasilkan suatu obyek atau gambar. Biasanya vektor dipakai untuk membuat suatu logo karena gambar vektor gabungan dari titik dan garis maka ia tidak akan pecah ketika diperkecil atau diperbesar. Software yang sering dipakai untuk membuat gambar berformat vektor: CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator. Sedangkan bitmap merupakan susunan pixel dimana setiap pixel berdiri sendiri dan memiliki warna sendiri untuk membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap bergantung pada resolusi dimana bila gambar diperbesar akan terlihat kotak-kotak kecil sehingga tidak terlihat halus gambar tersebut. Dikarenakan banyaknya bitmap dipakai untuk membuat suatu foto maka software yang tidak lazim lagi yaitu Adobe PhotoShop.

Begitulah gambaran sedikit tentang Desain Pemodelan Grafik yang teknologi modelnya bermacam-macam.

Sumber:

http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/

2 thoughts on “Desain Pemodelan Grafik

  1. Frank Gore Jersey mengatakan:

    Everything is very open with a very clear description of the issues.
    It was truly informative. Your website is useful. Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

My Profile

Tanggal/Bulan/Tahun

September 2012
S S R K J S M
« Jun   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

7zip (Alternatif Selain WinRAR)

RSS detiksepakbola

RSS File Hippo

  • Spotify 1.0.44.100 9 Desember 2016
    With Spotify, it’s easy to find the right music for every moment – on your phone, your computer, your tablet and more. There are millions of tracks on Spotify. So whether you’re working out, partying or relaxing, the right music is always at your fi...
  • StressMyPC 2.91 9 Desember 2016
    If you need to test your computer's performance to ensure it is running at optimal capacity, then it is a good idea to run a stress test and analyze the results. StressMyPC is a small, lightweight and useful tool for the job. It actually does not req...
  • Calibre 2.74.0 64-bit 9 Desember 2016
    Calibre is a complete e-book library manager that lets you totally organize your collection. With Calibre you can convert your books to multiple formats, and then sync with all of your devices. KEY FEATURES INCLUDE: Library management. Calibre ...
  • Calibre 2.74.0 32-bit 9 Desember 2016
    Calibre is a complete e-book library manager that lets you totally organize your collection. With Calibre you can convert your books to multiple formats, and then sync with all of your devices. KEY FEATURES INCLUDE: Library management. Calibre...
  • LastPass: Free Password Manager 4.1.34 9 Desember 2016
    LastPass is an award-winning password manager that can save your passwords and provide you with secure access from every computer and mobile device you have. With LastPass you need only remember one password - your LastPass master password. With t...

RSS detikInet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikOto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: