MEDIA PENYIMPANAN BERKAS

Tinggalkan komentar

31 Maret 2012 oleh Rizky Zakaria

Media penyimpanan berkas dibedakan 2 bagian memori :

  1. Primary Memory        : Internal Storage.
  2. Secondary Memory    : External Storage.

PRIMARY MEMORY merupakan alat penyimpanan data yang dapat menyimpan informasi secara permanen / sampai kapan pun tetap ada kecuali ada musibah. Primary komputer terdiri dari 2 bagian :

  1. RANDOM ACCESS MEMORY merupakan bagian dari main memori dan dimana data-data dapat ditulis maupun dibaca pada lokasi dimana saja didalam memori.
  2. READ ONLY MEMORY Memori yang hanya dapat dibaca dan tidak termasuk sebagai memori yang dapat user gunakan untuk program-program yang user buat.

SECONDARY MEMORY merupakan alat penyimpanan data  yang hanya dapat menyimpan informasi untuk sementara waktu. Jenis – Jenis Secondary Storage:

Sequential Access Storage Device (SASD):

Rekaman data hanya bisa didapat dengan secara berurutan (Sequential), sehingga untuk ke data yang terletak dipaling akhir harus ditelusuri seluruh data satu persatu dari awal hingga akhir (lokasi rekaman data tidak dapat diberi address). Contoh : Magnetic Tape, Punched Card, Punched Paper Tape.

Direct Access Storage Device (DASD).

Lokasi rekaman data dapat diberi address, sehingga untuk mencapai suatu rekaman data dapat dicapai secara langsung tanpa harus menelusuri satu persatu rekaman data dari awal. Contoh : Magnetic Disk, Floppy Disk, Mass Storage.

Contoh dari SASD:

Magnetic Tape adalah alat penyimpan data untuk berkas besar, yang di akses dan di proses secara sequensial. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi besi Oksida / Ferroksida pada satu sisi dari magnet tape. Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23 juta karakter.

Jenis Parity Check:

ODD PARITY (Parity Ganjil): Jika data direkam dengan menggunakan odd parity, maka jumlah 1 bit yang merepresentasikan suatu karakter adalah ganjil.

Jika jumlah 1 bitnya sudah ganjil, maka parity bit yang terletak pada track ke 9 adalah 0 bit, akan tetapi jika jumlah 1 bitnya masih genap maka parity bitnya adalah 1 bit.

EVEN PARITY ( Parity Genap)

Bila kita merekam data dengan menggunakan even parity, maka jumlah 1 bit yang merepresentasikan suatu karakter adalah genap.

Jika jumlah 1 bitnya sudah genap, maka parity bit yang terletak pada track ke 9 adalah 0 bit, akan tetapi jika jumlah 1 bitnya masih ganjil maka parity bitnya adalah 1 bit.

Magnetik Tape terdiri dari 7 track untuk tape dengan kode SBCD atau 9 track untuk kode EBCDIC. Lebar pita 0,5 inch dan tebal 0,15 inch. Panjang pita dapat berupa 300, 600, 1200, 2400 feet setiap reel. Salah satu karakteristik yang penting dari tape adalah Density (kepadatan) dimana data disimpan. Pengertian density bisa diartikan sebagai kerapatan dalam menyimpan data, sehingga semakin tinggi density yang dimiliki oleh sebuah disket, maka daya tampung yang dimilikinya juga semakin tinggi. Satuan yang digunakan density adalah bytes per inch (bpi).

Kelebihan magnetic tape:

  1. Panjang record tidak terbatas.
  2. Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah.
  3. Kecepatan transfer data tinggi.
Kekurangan dari magnetic tape:
  1. Akses langsung terhadap record lambat.
  2. Memerlukan penafsiran terhadap mesin.
  3. Proses harus sequential.
Contoh dari DASD:

Floppy disk terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan yang bersifat magnetik. Kebanyakan floppy disk hanya mampu menampung data sekitar 1-2Mb saja, tetapi sekarang floppy disk dapat menyimpan data hingga 1 Gb. Untuk melakukan pembacaan ataupun penulisan, disket harus dimasukkan kedalam sebuah drive, drive ini kemudian disebut sebagai disket-drive. Sebuah sinyal elektronik yang datang dari sistem kontrol, akan menyebabkan read/write head yang berfungsi untuk melakukan pembacaan/penulisan untuk terus bergerak diatas permukaan disket yang sedang berputar guna melakukan pembacaan/ penulisan.

Pada setiap drive yang ada, telah berisi sebuah shaft dan sebuah drive motor yang berfungsi untuk memutar disket dengan kecepatan sekitar 360 hingga 500 rpm. Secara fisik, disket mempunyai ukuran: 8 inchi, 5.25 inchi dan 3.5 inchi, walaupun begitu, kapasitas disket tidak diukur secara pisik. Kapasitas disket bisa dilihat dari label yang tertulis, misalnya: DD (Double Density), untuk disket 5.25 inchi mempunyai kapasitas 360 KB, dan disket 3.50 inchi mempunyai kapasitas 720 . Disket dengan label HD (High Density) untuk ukuran 5.25 inchi kapasitasnya 1.2 MB, dan untuk dikset 3.50 inchi kapasitasnya 1.4 MB. Disamping itu, disket ukuran 3.50 inchi ada yang berlabel ED (Enchanced High Density), mempunyai kapasitas 2.8 MB tetapi belum umum digunakan. Meskipun kecepatan akses datanya lebih lambat dari pada harddisk dan lebih rentan terhadap kerusakan permukaan disknya, floppy disk dulu sangat disukai karena harganya yang lebih murah dari pada removable disk lainnya dan dapat ditulis berkali-kali.

Kelebihan pada Floopy Disk (Disket):

  1. Dulu harganya murah dari removable disk yang lainnya.
  2. Dapat ditulis berkali-kali.
Kekurangan pada Floopy Disk (Disket):


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

My Profile

Tanggal/Bulan/Tahun

Maret 2012
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

7zip (Alternatif Selain WinRAR)

RSS detiksepakbola

RSS File Hippo

  • mp3tag 2.83 25 Juni 2017
    Mp3tag is a universal media tag editor. It is an easy to use app for conveniently editing tags in audio files such as the information about artist, album, title, and album art. The app supports batch tag editing of ID3v1, ID3v2.3, ID3v2.4, iTunes ...
  • Video Booth 2.8.1.6 24 Juni 2017
    Video Booth is a great little application if you like to edit your own video for fun. It gives you the ability to take snapshots and video clips both quickly and with minimal fuss. Not only can you take snapshots and video but Video Booth also has a ...
  • Seafile 6.0.7 23 Juni 2017
    Seafile is a cloud storage and data synchronization platform that lets you store your data and files on a central server and then synchronize them with your computers and mobile devices. It work by synchronizing your data between Seafile’s servers ...
  • Xinorbis 8.0.15 23 Juni 2017
    Xinorbis is a simple but powerful hard disk, folder and storage analyser. It uses a mix of graphs, tables and tree displays to provide the user with a complete overview of the contents of any hard disk, folder, removable drive or network drive. ...
  • Maxthon Cloud Browser 5.1.0.1700 Beta 23 Juni 2017
    Maxthon Cloud Browser is a powerful web browser which has a highly customizable interface. The browser has multiple tools that make your web experience more enjoyable, such as resource sniffer, screen capture tool, night mode and cloud functionality...

RSS detikInet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detikOto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: